Portfolios

TIGA HARI DIGEMBLENG DI LAMPON


Project Description

Peserta diklat dan pembinaan mental dan fisik (bintalsik) ASN Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi tiba di pusat latihan tempur marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon, kecamatan pesanggaran, Jumat sore lalu (12/1).

Sore itu juga, peserta bintalsik melakukan persiapan pembukaan yang dipimpim Mayor Marinir Suhartoyo selaku Perwira senior di Puslatpurmar 7 Lampon. Bintalsik yang berlangsung tiga hari itu diikuti oleh 15 pembina taruna BP2 Penerbang Banyuwangi. Para pembina tersebut terdiri dari 13 laki-laki dan 2 wanita.

Para pembina taruna diwajibkan mengikuti materi-materi yang diberikan oleh marinir. Mulai dari pelatihan baris berbaris, teori bela negara, teori kepemimpinan, panjat tebing, titian tali, jurit malam, outbound, dan lainnya. Para peserta berkesempatan mendapatkan ilmu menembak dari para marinir. Hal ini diperuntukan agar para pembina taruna BP2 Penerbang Banyuwangi lebih siap dalam segala situasi saat mendampingi dan memberikan pembelajaran kepada taruna.

Sementara itu, penutupan bintalsik ASN BP2 Penerbang Banyuwangi ini berlangsung minggu kemarin (14/1). Penutupan dilakukan oleh kepala BP2 Penerbang Banyuwangi Afen Sena. Menurut Afen, melalui penggemblengan fisik dan mental ini dapat menciptakan sikap mental para pembina taruna yang tanggap dan bermoral tinggi. Termasuk memiliki jasmani dan rohani yang prima saat menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Selama ini, kata Afen, BP2 Penerbang Banyuwangi bekerja sama dengan Pangkalan TNI-AL Banyuwangi serta Puslatpurmar 7 Lampon untuk penggemblengan fisik dan mental. Setiap tahun, para taruna baru yang diterima di BP2 Penerbang Banyuwangi wajib mengenyam diklat di bumi marinir lampon.