Pesawat Terbang Latih

Pesawat Terbang Latih yang dimiliki Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi 

Socata Tobago TB-10 (2 unit)

Pesawat single engine (Low Wing) yang memiliki 4 silinder dengan memiliki power 180 HP type mesin Textron Lycoming O-360-A1AD yang umum digunakan di dunia. Dilengkapi dengan baling-baling pendorong type Hartzell dengan kecepatan konstan, memberikan kinerja maksimum dalam semua fase, konsumsi bahan bakar yang efektif dan kecepatan jelajah yang tinggi.

Cessna 172 Skyhawk (35 unit)

Pesawat single engine (High Wing) yang memiliki 4 silinder dengan memiliki power 180 HP type mesin Textron Lycoming IO-360-L2A berpendingin udara dengan berbahan bakar injeksi yang umum digunakan di dunia karena kehandalan dan daya tahan. Dilengkapi dengan baling-baling pendorong type McCauley, memberikan kinerja maksimum dalam semua fase, konsumsi bahan bakar yang efektif dan kecepatan jelajah yang tinggi. Pesawat ini juga dilengkapi dengan oleh Garmin G1000 ® Dua 10,4 inci , resolusi tinggi liquid crystal display menunjukkan instrumentasi penerbangan, lalu lintas data, ketinggian digital , peta bergerak , navigasi, komunikasi , dan data penerbangan kritis real-time lainnya

Piper Seneca V PA-34-220T (2 unit)

Piper Seneca adalah pesawat bermesin ganda (multi engine) yang kuat, memiliki beberapa perbedaan mencolok dibandingkan dengan pesaing piston-kembar. Ini mengatur langit-langit layanan mesin tertinggi di kelasnya, menampilkan panel G1000 tiga layar standar, menyediakan kabin yang tampak lebih luas, dan semua ini untuk biaya operasi dan kepemilikan yang jauh lebih rendah daripada kompetisi. Kembar ini membuktikan dirinya termasuk dalam kategori tersendiri. Piper Seneca V adalah pesawat yang kuat dan dapat diandalkan yang akan membawa Anda dengan selamat melewati pegunungan, melewati air – dan ke tempat tujuan Anda pada malam hari. Pesawat ini dikenal sebagai “alat bisnis yang sempurna”, sering digunakan untuk transportasi pribadi atau perjalanan bisnis ke pelanggan yang membayar, taksi dan operasi piagam ad hoc. Piper Seneca V dengan nyaman menampung 6 orang termasuk pilot.


Sehingga Jumlah Pesawat Terbang Latih yang dimiliki saat ini sebanyak 39 unit dengan klasifikasi sebagai berikut :

  1. Socata Tobago TB-10 sebanyak 2 Unit, registrasi PK-AGV dan PK-AMO
  2. Cessna 172 Skyhawk SP sebanyak 35 Unit, Registrasi PK-BOB, PK-BYA, PK-BYB, PK-BYC, PK-BYD, PK-BYF, PK-BYG, PK-BYH, PK-BYI, dll.
  3. Piper Seneca V sebanyak 2 Unit, registrasi PK-ARX dan PK-ARY